Ajak Masyarakat Menjadi Konsumen Cerdas Melalui SiJempol BBPOM di Yogyakarta Raih Predikat WBK tahun 2019 Kenalkan Cek KLIK di Taman Inspirasi Code BBPOM di Yogyakarta Raih Peringkat Terbaik I Pengelolaan KKP tahun 2019 SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta Raih Juara Nasional Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana BBPOM di Yogyakarta Layani Outing Class SDIT Ash Shiddiq Sosialisasi Bijak Mengkonsumsi Susu Kental Manis Satu Hal Yang Perlu Dipahami Tentang Penyebaran Virus Corona Giat Penandatangan Pakta Integritas dan Potensi Benturan Kepentingan di BBPOM di Yogyakarta Aksi Jemput Bola PBKPKS BBPOM di Yogyakarta Pengawasan takjil Ramadhan di tengah Pandemi Covid 19 Pengawasan Takjil Bulan Ramadhan bersama Tim Intensifikasi Pangan di Yogyakarta Waspada Keracunan Pasca- Lebaran Kupas Tuntas Retail Pangan Stop Gratifikasi dalam Bentuk Apapun Stop Gratifikasi dalam Bentuk Apapun

Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana

  • 25 Februari 2020
  • - Berita Aktual
  • 326 kali

YOGYAKARTA. Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. Bencana sering terjadi tanpa peringatan sehingga membutuhkan pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapinya. Mitigasi bencana dilakukan untuk mengurangi risiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana terhadap masyarakat yang berada pada kawasan rawan bencana, baik bencana alam, bencana ulah manusia maupun gabungan dari keduanya dalam suatu negara atau masyarakat.

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (Balai Besar POM) di Yogyakarta menggelar latihan dan simulasi kesiapsiagaan bencana gempa pada hari Jumat, 21 Februari 2020. Acara dibuka secara resmi oleh Rustyawati selaku Kepala Balai Besar POM di Yogyakarta. Peserta sosialisasi adalah seluruh personel Bidang Pengujian, wakil dari Bagian Tata Usaha, wakil Bidang Penindakan, wakil Bidang Informasi dan Komunikasi, dan wakil Bidang Pemeriksaan. Endro Sambodo sebagai nara sumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY berujar bahwa salah satu kebutuhan untuk menghadapi bencana adalah rencana kesiapsiagaan. Latihan dan Simulasi tidak menjamin keselamatan, namun memberikan pedoman umum tentang kesiapsiagaan. Latihan dan Simulasi merupakan upaya nyata untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Hal yang tidak kalah penting yaitu evakuasi darurat yang merupakan perpindahan langsung dan cepat dari orang-orang yang menjauh dari ancaman atau kejadian sebenarnya dari bahaya. Rencana evakuasi darurat dikembangkan untuk memastikan waktu evakuasi teraman dan paling efisien bagi semua penduduk yang diharapkan dari suatu bangunan, kota, atau wilayah.

Acara sosialisasi diakhiri dengan kegiatan simulasi penyelamatan dari bencana, yang meliputi sistem peringatan bahaya dengan sirine, peserta mencari tempat berlindung yang aman kemudian berkumpul sesuai jalur evakuasi di titik kumpul yang sudah ditentukan. Endro Sambodo memberi pencerahan kepada peserta tentang titik kumpul dan cara evakuasi. Bagi peserta sosialisasi dan simulasi ini sangat bermanfaat untuk kesiapsiagaan menghadapi bencana terutama ketika terjadi di tempat kerja agar tidak mudah panik dan mampu menyelamatkan diri.

 

 

Balai Besar POM di Yogyakarta

captcha

Komentar Untuk Berita Ini (0)