Ajak Masyarakat Menjadi Konsumen Cerdas Melalui SiJempol BBPOM di Yogyakarta Raih Predikat WBK tahun 2019 Kenalkan Cek KLIK di Taman Inspirasi Code BBPOM di Yogyakarta Raih Peringkat Terbaik I Pengelolaan KKP tahun 2019 SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta Raih Juara Nasional Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana BBPOM di Yogyakarta Layani Outing Class SDIT Ash Shiddiq Sosialisasi Bijak Mengkonsumsi Susu Kental Manis Satu Hal Yang Perlu Dipahami Tentang Penyebaran Virus Corona Giat Penandatangan Pakta Integritas dan Potensi Benturan Kepentingan di BBPOM di Yogyakarta Aksi Jemput Bola PBKPKS BBPOM di Yogyakarta Pengawasan takjil Ramadhan di tengah Pandemi Covid 19 Pengawasan Takjil Bulan Ramadhan bersama Tim Intensifikasi Pangan di Yogyakarta Waspada Keracunan Pasca- Lebaran Kupas Tuntas Retail Pangan Stop Gratifikasi dalam Bentuk Apapun Stop Gratifikasi dalam Bentuk Apapun

Lima Puluh Tiga Fasilitator UMKM Pangan DIY mendukung Kolaborasi menuju UMKM Berdaya Saing

  • 08 Februari 2021
  • - Berita Aktual
  • 88 kali

Yogyakarta. Membidik UMKM Pangan DIY, BBPOM di Yogyakarta menginisiasi pembentukan Fasilitator Pendampingan Pelaku Usaha Pangan yang beranggotakan 53 orang dari 25 instansi lintas sektoral. Fasilitator ini mengikuti pelatihan Fasilitator Pendampingan Pelaku Usaha Pangan dalam rangka penerapan Cara Produksi pangan Olahan yang Baik (CPPOB) dan pengurusan Nomor Izin Edar (NIE) Pangan yang diselenggarakan BBPOM di Yogyakarta pada tanggal 2-3 Februari secara daring. Pelatihan ini diselenggarakan untuk :

  1. Meningkatkan kompetensi petugas yang melaksanakan fungsi pembinaan UMKM Pangan.
  2. Mensosialisasikan Proses Pendampingan UMKM Pangan dalam Memperoleh Izin Edar
  3. Memperkuat kolaborasi pembinaan UMKM Pangan di DIY

Kolaborasi pembinaan merupakan tindak lanjut dari kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Mutu dan Keamanan Pangan tanggal 2 Desember 2020 untuk memajukan UMKM Pangan DIY.

Pelatihan dibuka oleh Kepala BBPOM di Yogyakarta, Dewi Prawitsari. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dengan pembinaan terpadu, proses pengurusan NIE pangan untuk UMKM Pangan DIY bisa dipercepat. Dewi juga memaparkan bahwa pada tahun 2020, BBPOM di Yogyakarta telah melakukan kegiatan pembinaan UMKM Pangan secara terpadu dengan lintas sektor yaitu dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Dinas Koperasi dan UKM DIY, Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY terhadap total 42 UMKM.

Pada pelatihan ini, didiskusikan rencana tindak lanjut Pendampingan UMKM Pangan agar koordinasi pelaksanaan Pendampingan UMKM Pangan Tahun 2021 bisa mencapai target, yaitu 100 UMKM. Widodo dari Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada mengapresiasi kegiatan ini dan mendukung upaya pencapaian target ini. Sumarsono dan Meyri Sulasmi, perwakilan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY menyampaikan bahwa selama ini sudah berkolaborasi dengan BBPOM di Yogyakarta dan akan meneruskan kerjasama dalam pembinaan UMKM binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY.

Pelatihan Fasilitator Pendampingan Pelaku Usaha Pangan diharapkan menjadi pondasi yang kuat dalam upaya kolaborasi pendampingan UMKM Pangan lintas sektoral di DIY. Dengan kolaborasi pembinaan, dukungan terhadap UMKM pangan DIY bisa diperkuat sehingga meningkatkan daya saing UMKM. Kepala BBPOM di Yogyakarta menegaskan bahwa UMKM harus bisa merasakan kehadiran dari Pemerintah kepada UMKM. Kolaborasi diperkuat, UMKM Pangan Yogya naik kelas.

 

BBPOM di Yogyakarta

captcha

Komentar Untuk Berita Ini (0)